Selasa, Maret 05, 2013

Memindahkan Library / My Documents ke Drive D Window 7 / Window XP

"JANGAN MENYIMPAN DATA DI MYDOCUMENTS" sekarang anda bisa melupakan kata kata itu. 
Pada defaultnya windows meletakkan Mydocuments di C\User\Namauser\Mydocuments, nah agar anda tetap bisa menyimpan data di My document tanpa khawatir data anda akan hilang ketika windows diinstal, maka anda harus memindahkan letak my documents di Drive D. Hal ini sebenarnya sederhana, namun ga banyak orang yang tau tentang ini. Ikuti langkah langkah dibawah:

 Klik kanan My Documents, Pilih properties
 Pilih Include Folder


 Lalu Pilih folder yang akan kamu jadikan target My Dokumen, disini misalnya saya memakai E:\Dokumen Saya
lalu klik Include Folder
 Klik Folder lain yang ada di Document Propertied tersebut dan klik Remove
 lakukan pada 2 Folder, biasanya ada My Documents C:User\nama user dan Public Documents
Hingga hanya tersisa Folder yang anda pilih tadi


 Jika sudah klik Apply
lalu lihatlah di Mydocuments anda, isinya adalah isi folder yang adana pilih tadi.










Lakukan hal ini pada My Pictures, My Music dan My Videos.

Nah sekarang anda tidak perlu khawatir menyimpan file anda di My Documents My Pictures atau lainnya.
Anda bisa melakukan hal ini di Windows XP, hanya saja langkah langkahnya sedikit berbeda, tapi pada dasarnya sama kok.
Sekian tutorial ini, semoga cukup membantu dan buat yang ingin repost, atau copas, boleh saja asalkan cantumkan alamat situs dan nama penulis. :)
Hantoro Utomo Windows
Sabtu, Maret 02, 2013

Hey all, I'm Come Back!!!

Halo teman teman.. sudah lama tak jumpa ya.. terakhir update blog ini sepertinya sekitar setahun yang lalu. Whooaaa, lama ya? Meski gitu pajak domain dot com tetap saya bayari, walaupun ga update tapi saya ga mau blog yang sudah saya buat sejak 2008 ini hilang tak berjejak. 
Saat saya dalam masa masa mengasingkan diri dari dunia blog tersebut banyak yang kirim email, komentar dan sebagainya tanya gini "Kok udah jarang update mas??" hemmm, susah deh jawabnya,
Sewaktu sekolah saya sering banget ngepost kan tetang pelajaran saya di sekolah, tentang apa yang saya pelajari secara otodidak, banyak yang menjadi inspirasi saat dalam masa masa tersebut, memang masa masa sekolah adalah masa masa yang sulit dilupakan, Nah, kok ngomongnya ngelantur sih? :D hihihi
 Dua tahun sudah berlalu, saya sudah punya tanggung jawab untuk bekerja, sebenernya pengen juga kuliah, tapi setiap orang punya jalan masing masing untuk meraih mimpi mimpinya. Nah dari kalimat sebelumnya kalian tentu sudah paham kenapa aku jarang update, yap, karena aku udah kerja, aku udah sibuk dengan pekerjaanku, terlebih pekerjaanku yang sekarang ini, Aku bekerja sebagai IT Helpdesk di salah satu Tobacco Corporation di Jawa Tengah. Pekerjaanku yang satu ini benar benar menguras waktu ku, Yah beginilah yang namanya bekerja. Saat aku duduk dan sedang tidak melakukan pekerjaanku, aku pikir kenapa yah aku ga nge Blog lagi aja, toh situs bogger juga ga di blokir di jaringan kantorku ini. 

Sedikit flashback, bagi kalian yang sering baca blog ku pasti ga asing donk dengan gambar disaming. Yap, itu tampilan blog ku yang dulu. Gini deh, kita pake sebuah cerita. Ibaratkan kalian punya rumah, namun suatu saat kalian harus meninggalkan rumah itu untuk pergi jauh, ga ada orang yang jaga rumah kalian, ga ada yang ngrawat rumah kalian, lalu 2 tahun kemudian kalian pulang, saat buka kunci rumah dan melihat kondisi rumah,apa yang harus kalian lakukan?

Bersihkan, dan tata ulang rumah itu, agar kita punya suasana dan semangat baru untuk tinggal disana.. :)
Jelas beda banget dari sisi design situstkj yang dulu dengan situstkj yang sekarang. Template saya rubah agar tidak seperti template anak sekolahan, saya pilih template yang ringan dan gak alay, agar bagi reader yang membuka blog saya dalam beberapa tab, masih tetap nyaman dan ga berat.
Sekarang pun saya ga akan cuma share tentang ilmu ilmu yang saya dapat, tapi saya juga akan share tentang sisi dari kehidupan saya, pengalaman hidup,  sudut pandang saya mengenai dunia IT, so..  saya harap bagi reader dan khususnya silent rider bisa menerima perubahan ini dan aku harap reader bisa menyambut baik kedatangan saya di dunia blog lagi, And then, nah, here i am.. :)
Hantoro Utomo