Mengenai Blue Dead Screen dan Cara Menganalisanya

Blue dead screen dalam istilah bahasa asingnya Blue screen of death. Gejala terjadinya blue screen  disebabkan oleh karena komputer tidak bisa berfungsi secara normal. Atau  lebih detailnya salah satu komponen/hardware komputer sudah tidak bisa bekerja secara normal. 

Terjadinya blue screen pada layar monitor bermacam-macam modelnya. Ada yang ketika kita menyalakan komputer langsung muncul blue screen , sebelum booting windows kemudian komputer restart. Ada yang ketika kita menjalankan aplikasi-aplikasi tertntu tiba-tiba blue screen muncul dan komputer langsung berhenti dengan menampakan kode pada layar monitor. 

Adapun penyebabkan terjadinya blue screen kode disebabkan faktor-faktor sebagai berikut:
1. Eror Ram
Blue screen yang disebabkan karena eror Ram sangat umum dan paling gampang untuk dipahami. Gejala yang ditimbulkan oleh Eror Ram biasanya pada saat kita menjalankan aplikasi yang berat komputer tiba-tiba muncul blue screen dan komputer langsung blank total. Atau pada saat kita instalasi komputer kita dengan windows yang baru, blue screen muncul sebelum instalasi  selesai. 
2. Bad Sector Hard Disk Drive
Blue Screen kode yang disebabka oleh karena bad sector hardisk drive ada kemiripan dengan Eror memory.  Biasanya gejalanya pada sistem windows sangat lambat bila menjalankan aplikasi atau program.  Disamping itu, hardisk drive akan berbunyi seperti suara  mengerak yang disebabkan oleh gesekan piringan Disk dalam hardisk  itu sendiri.
3. Kabel konektor  pada hardisk 
terlalu sering membongkar pasang kabel hardisk bisa menyebabkan kualitas transfer  data melalui kabel data bisa terhambat.  Ini disebabkan karena kabel hardisk memiliki tingkat eror yang rawan.
4. Uncompatible Driver
Driver hardware yang tidak cocok bisa menyebabkan crash hingga blue dead screen
5. Akibat Over Clocking 
Kebanyakan para gemer mungkin paham dengan yang satu ini. Overclock merupakan pengoptimalan dari kerja komputer  standar ke kinerja yang lebih tinggi / meningkatkan performa komputer.  Jika salah satu komponent tidak mendukung dengan upaya over clocking, kemungkinan salah satu komponent tidak bisa bekerja sesuai dengan hitungan matematika.  Jika penyebab dikarenakan oleh over clock, maka menu bios harus kita reset/ mengembalikan setingan ke keadaan standard.  hal ini akan lebih aman untuk jangka panjang komputer yang kita pakai.
6. Motherboard Eror
Moterboard yang sudah tidak normal juga bisa menyebabkan komputer blue scree death. Untuk mengecek kode, anda bisa search dengan keyword "Motherboard blue screen death code"

Diatas adalah penyebab terjadinya Blue  Dead Screen, mungkin ada beberapa faktor yang luput dari yang saya sebutkan diatas.
Blue screen of death merupakan indikasi dari ketidak berfungsinya salah satu hardware/komponen komputer pada saat komputer menyala dan tidak bisa menjalankan perintah.

Blue screen of death terjadi pada saat komputer/laptop menyala dan tiba-tiba berhenti secara tiba-tiba. Pada saat blue screen komputer tidak bisa direstart, menjalankan program apapun alias komputer mati tanpa bekerja sama sekali.

Ada beberapa macam blue screen, dan masing-masing blue screen memiliki kode yang berbeda sehingga kita bisa mengetahui detail  terhadap blue screen yang tampil pada layar monitor.
Lihatlah pesan bluescreen dengan cepat saat anda mengalaminya dan catat error bluescreen tersebut. Perhatikan gambar untuk letak Pesan blue screenya.

  1. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
    Pesan error kode ini memberikan informasi,  yaitu eror yang terjadi pada kabel konektor hardisk drive, baik IDE maupun SATA yang menghubungkan dari motherboard ke hardisk drive. 
  2. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
    Pesan Error kode ini terjdi kesalahan pada VGA Card, Sound card. Biasanya terjadinya blue screen seperti ini terjadi kesalahan pada driver yang terinstal. semisal, sound card yang kita pake menggunakan realtec, kemudian kita instal dengan menggunakan driver jenis lain. hal ini akan menyebabkan cress pada driver dan hardware sehingga muncul kode seperti diatas. 
  3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
    Pesan Error kode ini  terjadi jika ada kesalahan pada hardware yang dikarenakan karena melebihi standar seting konfigurasi, seperti Overclock Memory, Overclock VGA, Processor sehingga terjadi panas yang tinggi melehihi kemampuan hardware tersebut. 
  4. STOP 0x0000008E Code
    Pesan Error kode ini  terjadi disebabkan karena eror pada memory. Ini biasanya terjadi pada saat anda menginstal komputer, dan sebelum finish tiba-tiba komputer berhenti dan menampilkan pesan seperti kode diatas. Anda bisa melakukan cek Ram

Tidak ada solusi standar untuk Mengatasi Blue Screen ini, karena ada begitu banyak masalah yang dapat mengakibatkan kesalahan seperti Blue Screen ini. Blue Screen bisa saja dari sebuah program baru yang baru saja diinstal ataukah memory stick yang Anda tambahkan ke komputer. Untuk menghilangkan gangguan ini, Anda harus terlebih dahulu diagnosis masalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dengan melakukan sedikit pekerjaan, Anda dapat mempersempit segalanya dan benar-benar menemukan penyebabnya.

  1. Periksa Komponen Software dan Hardware
    Langkah termudah untuk menghilangkan Blue Screen of Death adalah menguninstall perangkat lunak atau perangkat keras yang baru saja diinstal pada sistem jika ada. Jika Anda mengalami masalah setelah menambahkan komponen baru, hal ini kemungkinan besar sebagai sumber masalah Anda. Ini bisa disebabkan oleh instalasi gagal atau masalah ketidakcocokan berhubungan dengan perangkat lunak atau driver perangkat. 
  2. Periksa Status Memori Anda
    Kesalahan Blue Screen of Death juga bisa muncul jika Anda baru saja menambahkan lebih banyak RAM ke komputer. Anda dapat mengetahui jika RAM anda rusak dengan menjalankan utilitas diagnostik. Jika Anda tidak memiliki alat tersebut, usahakan mengeluarkan memori RAM yang baru saja Anda install, setelah itu tes lagi komputer, lihat apakah masalah masih muncul. 
  3. Perbaiki Registry
    Windows Registry adalah salah satu penyebab paling umum BSOD. Seiring waktu, registri akan penuh dengan file yang tidak valid dan item lainnya yang tidak diinginkan yang dapat membuat sistem anda tidak stabil. Sebuah BSOD adalah tanda akhir dari ketidakstabilan. Anda dapat menjalankan registry cleaner untuk mengetahui apakah registri ini mengalami masalah pada PC Anda. Program-program ini cukup murah dan bahkan gratis dengan memiliki kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan menghapus item yang dipertanyakan bersembunyi pada PC Anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Hantoro Utomo - Kamis, Mei 02, 2013

4 komentar untuk "Mengenai Blue Dead Screen dan Cara Menganalisanya"

  1. Ini biasa terjadi bang di pc saya,
    thanks untuk cara menganalisanya

    BalasHapus
  2. laptop saya sering sekali blue screen sampai parahnya ganti hardisk ...

    BalasHapus
  3. mantap gan, terima kasih banyak ya atas ilmunya :D

    BalasHapus

Bukan member jg bs komen, Pilih Aja Name/Url.
Urgent Comment Inbox aja ke Facebook.