Menghilangkan Garis Bawah Link Blog

Pernah ada salah satu sobat yang mengirimkan email ke saya, beliau inimenanyakan cara menghilangkan garis bawah yang ada pada setiap link.Garis bawah ini menurut beliau sangat mengganggu keindahantulisan-tulisannya. Memang seperti kata-kata saya terdahulu, lain oranglain keinginan, untuk urusan link pun ada yang suka memakai garis bawah dan ada juga yang tidak suka akan garis bawah tersebut.

Menurut kebiasan yang berlaku, sebuah tulisan yang berbentuk link biasanya memang mempunyai garis bawah, akan tetapi sebenarnya garis bawah tersebut bisa di hilangkan apabila kita mau. Bagaimana cara menghilangkan garis bawah pada link? untuk menghilangkannya sobat perlu merubah beberapa kode yang ada pada style sheet CSS, kode tersebut biasanya seperti ini :


a:link {

color:#58a;

text-decoration:underline;

}



a:hover {

color:#c60;

text-decoration:underline;

}



a:visited {

color:#969;

text-decoration:underline;

}


Agar menjadi faham, akan saya uraikan :


a:link {

color:#58a;

text-decoration:underline;

}


kode ini mempunyai arti  sebuah link akan berwarna biru dan  bergaris bawah.


a:hover {

color:#c60;

text-decoration:underline;

}


Sebuah link apabila di sorot oleh mouse akan berubah warna menjadi biru  tua dan bergaris bawah.

a:visited {

color:#969;

text-decoration:underline;

}

Sebuah link apabila pernah di klik oleh komputer yang sama akan berwarna biru tua (banget) dan bergaris bawah. Pertanyaan selanjutnya manakah kode diatas yang membuat link menjadi  bergaris bawah? jawabnya adalah kode :

text-decoration:underline;

Tulisan underline lah yang membuat link menjadi bergaris bawah. Apabila kita tidak menginginkan adanya garis  bawah pada sebuah link, maka kita hanya cukup merubahnya dengan kata none, nanti kodenya akan menjadi seperti ini:

text-decoration:none;


Dari pengertian tadi diatas tentu saja kita dapat mengatur ingin ada  atau tidak ingin ada garis bawah, tergantung dari selera masing-masing,  apakah sebuah link ingin bergaris bawah atau tidak? apakah apabila  sebuah link di sorot oleh mouse ingin bergaris bawah atau tidak? apakah apabila sebuah link pernah di kunjungi  atau di klik ingin bergaris bawah atau tidak? semua terserah sobat  sebagai pemilik blog. Ingin bergaris bawah? ya pakai underline, kalau tidak ingin  bergaris bawah ya tingal ganti dengan none, gampang bukan?

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Ant Adm - Selasa, Mei 18, 2010

Belum ada komentar untuk " "

Poskan Komentar

Bukan member jg bs komen, Pilih Aja Name/Url.
Urgent Comment Inbox aja ke Facebook.