Kode HTML Tampil di Posting

Ada seorang teman bertanya begini, "mas gimana caranya agar kode HTML bisa tampil di posting-an blog?" Nah dari situ muncul ide untuk membuat posting-an ini, barangkali ada diantara kawan-kawan semua yang juga mempunyai pertanyaan seperti itu? jawabannya mungkin begini. Agar kode-kode HTML dapat muncul pada posting-an blog kita, ada beberapa cara dan yang saya ketahui saat ini cuma baru dua cara ( barangkali kawan-kawan ada yang lebih tahu ).



Yang pertama yaitu anda harus mengganti karakter-karakter perintah dari program HTML dengan notasi tertentu. Karakter-karakter yang sering di gunakan yaitu seperti yang tertera pada
tabel di bawah ini :






    Karakter    

    Notasi    

    Keterangan    

<

&lt;
   Kurung runcing terbuka

>

&gt;
   Kurung runcing tutup

&

&amp;
   Tanda Dan

 "

&quot;
   Tanda petik ganda

±

&plusmn;
   Tanda plus minus

Spasi

&nbsp;
   Tanda Spasi

©

&copy;
   Tanda hak cipta (copyright)

®

&reg;
   Tanda terdaftar (Registered)





Dalam postingan anda, jika ingin tampil seperti itu maka yang di tuliskan tidak persis seperti kode di atas,
sebab nanti di postingan tulisan kode tersebut tidak akan muncul, yang ada justru efek dari kode yang anda tuliskan. trus jalan keluarnya gimana? Seperti yang saya tuliskan pada tabel, anda harus mengganti karakter-karakter perintah yang ada dengan notasi penggantinya, jadi yang harus anda tuliskan pada
postingan adalah seperti ini :


Untuk membuatnya cukup dengan hanya
membubuhkan program di bawah ini :


&ltbr/><br/>
<code>

&lt;meta http-equiv="refresh" content="10"&gt;


<br/>

&lt;/meta&gt;

</code>


Pembubuhan perintah <code> dan </code> adalah untuk menandakan bahwa yang anda tulis adalah sebuah kode HTML, dan nantinya pun tulisan-tulisan yang berada dalam perintah ini akan tanpil beda dengan tulisan-tulisan yang lainnya, sebagai contoh silahkan anda lihat postingan saya yang lainya yang membubuhkan kode-kode HTML. pembubuhan perintah <br/> adalah untuk membuat tulisan berpindah kebawah, jika anda tidak membubuhkan perintah <br/> tadi, walaupun di posting-an anda tulis jauh kebawah, hasilnya akan tetap bersatu.



  Huh cape juga ya dari tadi kutak-ketik nih.., itu tadi cara yang pertama. Cara yang kedua adalah
dengan menggunakan text area. Cara membuat text area secara lengkap silahkan klik di sini. Sebagai contoh, untuk menuliskan kode-kode di atas, pada posting-an anda harus menuliskan
seperti ini :



Untuk membuatnya cukup dengan hanya membubuhkan program di bawah ini :


<br/><br/>

<p align="left"><textarea name="code" rows="6" cols="400">
&lt;meta
http-equiv="refresh" content="10"&gt;

&lt;/meta&gt;</textarea></p>





Maka yang akan tampil di blog anda adalah seperti ini :



Untuk membuatnya cukup dengan hanya
membubuhkan program di bawah ini :










mudah bukan? selamat mencoba dan berkarya.




oupss... saya lupa kawan, untuk memposting seperti yang saya jelaskan  dia atas, anda harus pada posisi Edit HTML jangan pada posisi compose. oke kawan, untuk yang kedua kalinya...selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Ant Adm - Kamis, Mei 13, 2010

Belum ada komentar untuk "Kode HTML Tampil di Posting"

Posting Komentar

Bukan member jg bs komen, Pilih Aja Name/Url.
Urgent Comment Inbox aja ke Facebook.