Konfigurasi DNS Server Pada Linux (Ubuntu)

Pertama, Login sebagai root.
Sebelum anda  memulai, baca tabel dibawah ini untuk melihat keterangan saat saya menginsatal linux ubuntu:

IP Address
192.168.8.1
DNS
192.168.1.62
Hostname
antok
Domain
situstkj.sch.id
Username
antok

Saya Sudah Membaca Tabel Ini.


Jika sudah, install paket bind-nya, jika saat anda menginstal linux ubuntu anda belum menginstall "DNS server" atau paket bind, maka anda harus menginstallnya dulu dan harus terkoneksi ke internet. Ga kesambung ke internet? Install lagi aja.!
Ketikkan tuisan dibawah ini untuk menginstal paket bind:








Jika sudah, maka berpindahlah ke folder "/etc/bind/"

Kemudian editlah file yang bernama "named.conf.local"


Dibaris paling bawah, Ketikkan dengan format seperti ini:

 




Kemudian copy isi dari file db.127 ke db.192.168.8
dan db.local ke db.situstkj



Edit isi db.situstkj menjadin seperti ini:




*NB*
format pada "antok.situstkj.sch.id. antok.situstkj.sch.id. ("
adalah seperti ini "hostname.domain. username.domain. ("

setelah itu edit isi file db.192.168.8



*NB*
-format pada "antok.situstkj.sch.id. antok.situstkj.sch.id. ("
adalah seperti ini "hostname.domain. username.domain. ("
-angka 1 pada  "1 IN PTR antok.situstkj.sch.id." adalah id anda, disini ip saya adalah 192.168.8.1
jika anda mempunya ip 192.168.8.9 maka pada baris tersebut harus terisi "9 IN PTR antok.situstkj.sch.id."

Kemudian edit file yang bernama named.conf.options

Agar menjadi seperti ini:




Setelah itu restart paket bind nya:

Jika Stoping DNS dan Starting DNS hasilnya adalah "OK" maka anda boleh bernafas lega, karena ini adalah awal dari keberhasilan anda dalam setting DNS.



kemudian saatnya mengecek!
ketikkan:




Jika berhasil maka akan nampak gambar berikut:




Jiah, selesai Konfigurasi DNS server. cukup dengan 15 menit anda bisa mengerti.! wakkak! diklat bozzz!

Saya Sudah bisa Meng-konfigurasi DNS server. 
Klo belum bisa hubungin gw aja ntar gw ajarin scr langsung, Klik disini., OK bozzz!

Simpan artikel ini;


Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh Ant Adm - Sabtu, November 14, 2009

11 komentar untuk "Konfigurasi DNS Server Pada Linux (Ubuntu)"

  1. LENGKAPI DAN UPDATE TUTORIALNYA....MASA CUMA MPE DNS TO....KALO BISA MIN 5 JENIS SERVER PER SISTEM OPERASI....DANA JAJAN GAMPANG....PALING BAKSO OJEK.......

    TETAP SEMANGAT LE.....
    SELALU BERPIKIR DENGAN LOGIKA JANGAN MEMORI....

    BalasHapus
  2. ========================================================
    wah pak rahmat berkunjung, xixixi..!
    Lha ajare baru mpe itu koq pak, tapi tu dah ada yang baru, DNS Server, Email Server, ama Router, Klo Web server Coming Soon pak! Cz ni baru mo bikin screenshotnya..!

    Okok
    ========================================================

    BalasHapus
  3. Pak Lek Klaten salam kenal, saya Ahmad dari Kudus, blognya keren d'tambh lage infonya .. sip .. oya seceptnya web mail m proxy ma yg laennya ,.
    :-D sory kyak orang ktgihan aja ..
    :-D
    ha ha ha haa ha aha aha haha haha ...
    thanks Pak Lek Klaten, sukses selalu ...
    :-)

    BalasHapus
  4. yapz! yang web server aku sendiri masih bgg cz musti bikin LAN, sedangkan aku biasanya pake Vm ware.. segera menyusul ddah!!

    BalasHapus
  5. thanks ilmunya gan..eh bos
    nice share

    BalasHapus
  6. Tanks Bos....
    Salam Kenal www.ramzil.web.id
    Solusinya dah dapat dari blok ini
    ramzil03@yahoo.com

    BalasHapus
  7. gag pake sudo su dolo ya bozz..

    BalasHapus
  8. gag perlu pake sudo boz kalo kita sudah login sebagai root. kalo km pke user biasa baru dibutuhkan sudo. ok??

    BalasHapus

Bukan member jg bs komen, Pilih Aja Name/Url.
Urgent Comment Inbox aja ke Facebook.